Selamat tinggal rutinitas kampus yang membosankan!
STIE Surakarta menghadirkan pengalaman belajar yang tak terlupakan. STIE Surakarta percaya, kuliah bukan hanya tentang mendengarkan materi Dosen, menghafal teori, dan mengikuti ujian. STIE Surakarta ingin menghadirkan suasana yang seru, kompetitif, dan penuh prestasi melalui program Star Student Awards.
Kuliah gak hanya duduk mendengarkan Dosen dan menghafal teori !
STIE Surakarta memiliki mata kuliah unggulan di mana kamu akan diajak dan ditantang untuk seolah bekerja langsung menghadapi tantangan industri sekarang. Tugas yang diberikan dijamin tidak akan memberatkanmu, justru akan membuatmu termotivasi dan tertantang untuk menjadi mahasiswa terbaik tiap semesternya!
Raih Total Puluhan
Juta Rupiah Tiap Semeseternya!
STIE Surakarta mempersembahkan “Star Student Award,” program prestisius yang memberikan penghargaan kepada mahasiswa terbaik di setiap akhir semester bagi yang bisa menyelesaikan kasus paling baik! Dengan total hadiah puluhan juta yang disponsori oleh Program Studi, kamu bisa menjadi bintang di kampus dan menginspirasi teman-teman seangkatan.
Pengalaman belajar yang seru dan penuh motivasi!
Jangan lewatkan kesempatan untuk merasakan pengalaman belajar yang seru dan penuh motivasi! Daftarkan dirimu sekarang juga di STIE Surakarta dan raih impianmu dengan cara yang menyenangkan. Bersiaplah untuk menjadi bintang di kampus dan wujudkan masa depan gemilangmu bersama STIE Surakarta!
-The coolest Economic & Business School in Surakarta
Semangat kompetitif terus berkobar di lingkungan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta dengan diadakannya acara “Star Student Awards” pada Semester Ganjil 2024. Acara ini dihelat pada Selasa, 06 Februari 2024, total hadiah dari 10 kategori yang dilombakan mencapai puluhan juta rupiah, sebagai bentuk penghargaan atas dedikasi dan usaha mahasiswa STIE Surakarta untuk semester 1, 3, dan 5 pada tahun ajaran 2024.
Daftar Pemenang / Mahasiswa Terbaik SMT Ganjil 2024
Investment & Capital Market
SMT 5 - S1 Akuntasi
Investment and Capital Market merupakan mata kuliah yang mempelajari aspek aspek yang membantu mahasiswa dalam memperluas pengetahuan tentang investasi dan pasar modal baik secara dari teori, maupun proses, sehingga mahasiswa mempunyai pemahaman yang komprehensip tentang dunia pasar modal beserta instrumennya dan mampu untuk mempraktikan investasi dalam bentuk Portofolio Investasi di Pasar Modal.
Juara 1
Kelompok 7_R1
Refi Dwi Jayanti
Leni Nita Sari
Tivenna Iga Ardita
Rahma Aliyaningsih
Nabhila Akmalia Balqis
Juara 2
Kelompok 2_R1
Dinda Rahma Puspita
Kezia Lintang Sharira
Erna Dwi Lestari
Yustania Putri Desambo
Erwin Nugroho
Juara 3
Kelompok 7_R1
Esti Sri Lestari
Bidari Jannatun Naimah
Feri Wibowo
Rudita Setiawan
Basic Excel for Accounting
SMT 1 - S1 Akuntasi
Mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang formula pada excel dan keterkaitannya dengan data-data akuntansi serta siklus akuntansi. Mahasiswa diminta untuk mengolah data sehingga menjadi siklus akuntansi atas sebuah perusahaan berdasarkan formula-formula pada excel.
Juara 1
Kelompok 1 (R2)
Suwardi
Diki Saputro
Angga Saputra
Juara 2
Kelompok 3 (R2)
Indri Tri Yuliani
Tyara Kezia Novelinda
Tarisa Hasna Fildzah K
Juara 3
Kelompok 1 (R1)
Sandra Adinda Sari
Wahyu Nur Aliya
Hana Filia Maharani
Corporate Financial Statement Analysis
SMT 3 - S1 Akuntasi
Mata kuliah analisis laporan keuangan membahas tentang analisis mengenai kondisi keuangan suatu perusahaan yang melibatkan neraca dan laba rugi serta pelaporan keuangan dan pandangan umum tentang analisis akuntansi dan analisis keuangan Mahasiswa secara berkelompok diposisikan sebagai manajemen internal perusahaan, perbankan, dan investor. Dimana kemudian mahasiswa diminta untuk menganalisis laporan keuangan, analisis akuntansi dan keuangan, menghitung rasio-rasio yang diperlukan dalam menganalisis laporan keuangan dan menyampaikan keputusan atas analisis yang telah dilakukan.
Juara 1
Kelompok 2 (R2)
Ananda Violet Rimba P
Zahra Aurellia Maharani
Indah Nur Aini
Nida Hayin Fadillah
Zahra Fitriani Amalia
Pramita Wandan Sari
Dastin Farrel Ezrada
Juara 2
Kelompok 3 (R1)
Ayu Sekar Melati
Luthfi Diah Kurnia I
Yuantomi Rohmat Udin
Luthfia Az Zahra
Cellina Putri Stevany
Divandra Putri E
Larasati Dwi Faradhilla
Juara 3
Kelompok 2 (R1)
Tania Oktavia Kristanto
Indri Maira Setyowati
Desvita Dela Safitri
Dyandra Athasyanaira
IDEATION
BUSINESS
SMT 3 - S1 MANAJEMEN
Mahasiswa ditantang untuk membuat sebuah ide bisnis, yang nantinya akan dinilai dari :
1. Demand-nya (Seberapa besar marketnya)
2. Expertise-nya (Pengetahuan dan keahlian yang dibutuhkan dalam menjalankan bisnisnya)
3. Resources-nya (Peralatan,bahan dan modal yang dibutuhkan dalam menjalankan bisnisnya)
4. Profitability-nya (Penetapan harga yang rasional dan profitable)
5. Distribution-nya (Bagaimana saluran distribusi dan cara penjualannya)
6. Dan Advantage (segi keunikan ide product bisnisnya) Seberapa layak ide bisnis yang dibuat untuk benar-benar menguntungkan ketika nanti dijalankan.
Juara 1
Sushi Icirachi
Putri Andreas Tuti
Februrita Mia N.Y
Monica Putri Fadhilah
Niki Nivolini
Juara 2
Basreng Lele
Laras Qotrunada R D
Septiana Riandini
Eka Nelly Melfiana
Putri Anjarwati
Galang Altria L
Mohammad Willy P
Juara 3
Nugget Lele
Nika Pujan Sukmono
Muhammad Rafi R
Competitive Market Analysis
SMT 3 - S1 MANAJEMEN
di Matakuliah ini, mahasiswa ditantang untuk membuat perbandingan keunggulan dan kelemahan dari sebuah product dibandingkan dengan kompetitor dengan mengunakan Competitive Matrix Tools. Mahasiswa juga melakukan survey market terkait persepsi konsumen terhadap sebuah product, sehingga mahasiswa bisa benar-benar mengerti seberapa kompetitif productnya dibandingkan dengan kompetitor dari sudut pandang konsumen. Karena untuk memenangkan market kita harus paham tentang persepsi konsumen secara jelas.
Juara 1
DENIM
Putri Andreas Tuti
Monica Putri Fadhilah
Februrita Mia N.Y
Niki Nivolini
Fathimah Azzahra E.A
Juara 2
ATHENA
Ira Septiana
Diazty Nurmina A
Sherly Nur Cahyati
Shinta Wahyuningrum
Lia Monica Istifah
Juara 3
SEMBAGI ARUTALA
Heni Wikasari
Vita Putri L
Fadila Nanda E.L
Eka Candra M
Ainina Shelita W
Content Marketing : Photography and Graphic Design
SMT 3 - S1 MANAJEMEN
Fotografi dan Desain Grafis merupakan elemen penting untuk dikuasai oleh seorang Digital Marketing untuk mampu bersaing di pasar era digital.
Mahasiswa secara kelompok diposisikan sebagai Konten Kreator di bidang Fotografi Produk, kemudian dipertemukan langsung dengan client di mana pada kasus kali ini merupakan Coffee Shop bernama “Srivijava Coffee Roastery” untuk menyelesaikan kasus terkait foto produk. Mahasisiwa dihadapkan untuk mendengarkan secara langsung dan memahami brifing dari owner Srivijava selaku client.
Penilaian berdasarkan softskill dan hardskill kelompok dalam menyelesaikan project ini, kemudian pemenang Award dipilih secara langsung oleh owner Srivijava Coffee Roastery.
Juara 1
Kelompok
Sri Sartini
Sri Sartini
Muhammad Wahyu R
Taufig Dwi Farid
Fadhilah Indra Priatama
Juara 2
Kelompok
Bahja
Muhammad Bahja A N
Kevin Mikola Yusman
Neizkalisto Brandyan N
Fabiola Karina Meylani
Juara 3
Kelompok
Egyanita
Egyanita Betha Y
Doni Eka Setyawan
Celcie Claudia Savandi
Hanif Fauzan
Ryan Rydho Febryant
Project: Fashion,Craft, Bodycare
SMT 1 - S1 AKUNTANSI & MANAJEMEN
Mata kuliah ini menantang mahasiswa untuk membuat inovasi di bidang ekonomi Kreatif seperti fashion, craft, food & beverage, short movie, web. Case ini merupakan gabungan dari tiga mata kuliah yaitu Project Management Foundations, Entrepreneurship Foundations dan Creative Thinking.
Project Management Foundations mangarahkan mahasiswa untuk dapat mencapai tujuan secara efektif dan dalam mencapainya bisa secara efisien melalui tahapan initiating, planning, executing, controlling, dan closing.
Entrepreneurship foundation berfokus mengarahakan mahasiswa dalam pembuatan inovasi dimana mahasiswa melakukan questioning, observing, networking, experimenting dan associatin.
Creative thinking berfokus pada mencari masalah dan memberikan solusi creative yang nyata dari permasalahan yang ada.
Juara 1
ARTEMIS
Andya Tsurayya
Kinandra Renata Aji
Febriyanto
Rizal Setiawan
Oktaviana Rosyita
Edelweiss Zalika Radita
Muhammad Zen Risqy
Juara 2
ASAP TEAM
Febriana Nur Khotimah
Tri Novitasari
Irfianti Cahyaning Tyas
Fajar Hernanda
Laura Eka Putri Meilinda
Dian Augusta Fajrin
Aditya Febriyanto
Juara 3
QUEEN INOVATORS
Titania Natasya Ikva P
Fitri Ayu Novitasari
Alfrida Annas Sukawati
Aisyah septia wulansari
Qoriah Cahya Putri R
Agnes tata rahmadhani
Fissy Ana Talisha
Anisa Fikri Baraja
Project :
Food & Beverage
SMT 1 - S1 AKUNTANSI & MANAJEMEN
Mata kuliah ini menantang mahasiswa untuk membuat inovasi di bidang ekonomi Kreatif seperti fashion, craft, food & beverage, short movie, web. Case ini merupakan gabungan dari tiga mata kuliah yaitu Project Management Foundations, Entrepreneurship Foundations dan Creative Thinking.
Project Management Foundations mangarahkan mahasiswa untuk dapat mencapai tujuan secara efektif dan dalam mencapainya bisa secara efisien melalui tahapan initiating, planning, executing, controlling, dan closing.
Entrepreneurship foundation berfokus mengarahakan mahasiswa dalam pembuatan inovasi dimana mahasiswa melakukan questioning, observing, networking, experimenting dan associatin.
Creative thinking berfokus pada mencari masalah dan memberikan solusi creative yang nyata dari permasalahan yang ada.
Juara 1
KOPI CELUP
Diana Nesya Aura Putri
Indri Tri Yuliani
Indriani Saputri
Reza Amelia
Rina Rianti
Samuel Hendra P
Tarisa Hasna Fildzah K
Tyara Kezia Novelinda
Juara 2
SEMBAGI ARUTALA
Cahyo Budi Setiyawan
Dimas Yudha Pratama
Nefika Wulandari
Istiqomah Nurwahidah
Diastria Ivanka
Riska Amalia
Andita Endah Larasati
Nur Amalina
Juara 3
EXPRESSBAR
Andhika Putra Sentosa
Project:
Short movie, Ads, Web
SMT 1 - S1 AKUNTANSI & MANAJEMEN
Mata kuliah ini menantang mahasiswa untuk membuat inovasi di bidang ekonomi Kreatif seperti fashion, craft, food & beverage, short movie, web. Case ini merupakan gabungan dari tiga mata kuliah yaitu Project Management Foundations, Entrepreneurship Foundations dan Creative Thinking.
Project Management Foundations mangarahkan mahasiswa untuk dapat mencapai tujuan secara efektif dan dalam mencapainya bisa secara efisien melalui tahapan initiating, planning, executing, controlling, dan closing.
Entrepreneurship foundation berfokus mengarahakan mahasiswa dalam pembuatan inovasi dimana mahasiswa melakukan questioning, observing, networking, experimenting dan associatin.
Creative thinking berfokus pada mencari masalah dan memberikan solusi creative yang nyata dari permasalahan yang ada.
Juara 1
BINTANG LANGIT
Nepi Ningsih
Dewi Muslimah
Agung Nugroho
Josephira Devi
Intan Nadya
Ayu Rafiyandi
Vanesa Diana
Juara 2
Powerpuff Girls Innovation
Adelia Putri Febriani
Vida agustina pavitri
Savira Salsabilla
Hopipah
Rizki Apriliana
Navisa Finanda
Diana Novita Sari
Dyan Rizki Widyawati
Juara 3
LUNATIC
Alifia Aura Widjaya
Natalia Ayu Margaretha
Ratna Dewi Anjasari
Fitriani
Kresna Aji P
Raditya Rangga R.S
Derek Tranka Prakosa
Rafi Ahsan Bunyani
Market Research & Content Marketing Blog
SMT 5 - S1 MANAJEMEN
Matakuliah ini menantang mahasiswa untuk bisa menemukan masalah dan juga solusi mengenai fenomena pemasaran yang yang terjadi. Sesuai dengan Esensi dari matakuliah Market Research Foundations adalah untuk menemukan masalah dan solusi dari suatu permasalahan yang berkaitan dengan isu pemasaran.
Solusi dari permasalahan yang diangkat tersebut akan dituangkan dan dipublikasikan melalui sebuah website. Website tersebut dibuat dengan pendampingan dan pembimbingan pada matakuliah Content Marketing Blog.
Juara 1
ASAE GORDEN
Adittio
Carenina
Listia Dewi
Juara 2
HONDA
Fernandito Y.S
Zakiyyah Hana A
Sahid Nugroho
Aldio Jati W
Fahmi Burhanudin
Nabilla Aurellia A.W
Juara 3
MEDINA QUR'AN
Dani Fihrotul Haq
Bayu Aji Margono
Raihan
Farikhah Afifah
Eka Dewi P