Ujian Akhir Semester 1 di STIE Surakarta : Serasa Pitching

Surakarta, 11 Januari 2024 – Ujian Akhir Semester 1 di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Surakarta menjadi panggung inspiratif bagi mahasiswa kelas R1 dan R2. Mata kuliah Entrepreneurship Foundations, Project Management Foundation, dan Creative Thinking digabung menjadi satu kesatuan, menciptakan pengalaman seru yang mirip seperti pitching di dunia bisnis.

Pelaksanaan ujian dilaksanakan selama 2 kali pertemuan, bertempat di ruang kelas STIE Surakarta, termasuk di antaranya adalah Ballroom STIE Surakarta. Kegiatan ini berlangsung pada hari Selasa, Rabu, dan Kamis, diikuti oleh 38 kelompok mahasiswa R1 dan 27 kelompok mahasiswa R2, dengan setiap kelompok beranggotakan 2 hingga 8 mahasiswa.

Tidak hanya memerlukan pemahaman mendalam terhadap materi mata kuliah, ujian ini juga menuntut kreativitas dan keberanian mahasiswa untuk menghadirkan solusi yang inovatif. Evaluasi dilakukan oleh tiga dosen yang memiliki kompetensi sesuai dengan mata kuliah yang diuji, yaitu Aditya Liliyan, S.M.B., M.M., Muhammad Syihabduddin, S.Hum., dan dr. Alam Anshori.

Salah satu sorotan dari ujian ini adalah hasil karya produk dan project yang mampu menarik perhatian. Dengan tema kewirausahaan, mahasiswa berhasil menciptakan beragam produk FnB menarik seperti Kopi Celup, Olahan Bakso berbahan Jambu Mete, Omelet dari kulit pisang, Permen Jamu tradisional, dan produk lainnya yang inovatif. Selain itu, terdapat juga project advertising yang mengiklankan berbagai produk melalui media video kreatif, menunjukkan kepiawaian mahasiswa dalam memasarkan produk secara visual.

Tidak ketinggalan, hasil project juga mencakup produk craft yang dibuat dengan keterampilan dan kreativitas tinggi. Gaun dengan bahan limbah, anyaman eceng gondok, sepatu 3 in 1, hingga perhiasan dari bahan kayu menjadi bukti nyata bahwa mahasiswa STIE Surakarta tidak hanya menguasai teori namun juga mampu mengaplikasikannya dalam produk nyata.

Mengakhiri perhelatan ini, Aditya Liliyan, S.M.B., M.M., selaku Wakil Ketua II STIE Surakarta sekaligus Dosen Penguji Ujian Akhir Semester ini, menyatakan kebanggaannya atas prestasi mahasiswa. “Ujian kali ini memberikan gambaran nyata bahwa mahasiswa STIE Surakarta tidak hanya berkutat dalam pembelajaran teoritis semata, melainkan mampu menghadirkan solusi nyata yang inovatif dan berdaya saing tinggi di dunia bisnis. Kami sangat bangga dengan kreativitas dan semangat kewirausahaan yang terpancar dari hasil ujian ini,” ujar beliau.

Dengan berakhirnya ujian semester ini, mahasiswa STIE Surakarta membuktikan bahwa pembelajaran tidak hanya tentang pengetahuan, namun juga tentang keterampilan dan kemampuan praktis yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan nyata. Serupa dengan suasana pitching di dunia bisnis, ujian ini menjadi tonggak bersejarah bagi mahasiswa STIE Surakarta dalam mempersiapkan diri menghadapi tantangan dunia kerja yang semakin kompleks.

Related Articles

Responses

Formulir
Pendaftaran.

Selangkah lagi menuju masa depan yang kamu inginkan!

Formulir
Pendaftaran.

Selangkah lagi menuju masa depan yang kamu inginkan!

Kamu Berhasil.

Selamat kamu sudah mendaftar di STIE Surakarta.

Tunggu sejenak, Kamu akan segera dihubungi oleh admin PMB  maksimal 1×24 jam untuk menuju proses pendaftaran selanjutnya.

Kamu Berhasil.

Selamat kamu sudah mendaftar di STIE Surakarta.

Tunggu sejenak, Kamu akan segera dihubungi oleh admin PMB  maksimal 1×24 jam untuk menuju proses pendaftaran selanjutnya.